Flickr Images

Home » » Syeh Ihsan Dahlan Kediri dan Kisah Keramatnya

Syeh Ihsan Dahlan Kediri dan Kisah Keramatnya

Written By beritaserambi on Wednesday, 23 December 2015 | 02:44

Berita Serambi - Ihsan Jampes atau terkenal dengan sebutan Syeikh Ihsan Jampes atau Syeikh Ihsan bin Muhammad Dahlan Al-Janfasi Al-Kadiri (lahir pada tahun 1901 di Kampung Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur - meninggal 16 September 1952 pada umur 51 tahun) adalah ulama besar asal Kediri yang berpengaruh dalam penyebaran ajaran Islam di wilayah nusantara pada abad ke-20.

Ia adalah pendiri Pondok Pesantren Jampes di Dusun Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.Di samping itu, ia juga terkenal melalui karyanya Siraj ath-Thalibin, yang merupakan penjelasan (syarah) dari kitab Minhaj al-Abidin karya Imam al-Ghazali. Selain dikenal sebagai ulama sufi, ia juga dikenal ulama ahli dalam bidang ilmu-ilmu seperti falak (astronomi), fikih, hadits, dan beberapa bidang ilmu agama lainnya.

Diceritakan oleh muridnya, KH. Hambali Cirebon yang masih hidup sampai sekarang bahwa pada saat syah Ihsan masih hidup beliau mampu mendeteksi dan meramalkan perkara yang akan terjadi, biasanya beliau sering mengatakan terhadap buah-buahan akan jatuh pada taggal dan hari sekian bahkan detik sekian. demikian sekelumit kisah keramatnya ulama dari sekian banyak kisah lainnya yang akan kita tulis pada catatan berikutnya.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. IKAPAS NISAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site